Sakit tenggorokan , meski kelihatannya sepele tapi ternyata sangat mengganggu. Mau menelan jadi susah, mau berbicara rasanya sakit di daerah tenggorokan. Karena tenggorokan terasa kering, akhirnya kita jadi sering batuk yang makin menambah rasa sakit di tenggorokan. Segala aktivitas yang yang melibatkan kerja tenggorokan pun menjadi ogah-ogahan.

Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan.  Berikut ini langkah untuk menyembuhkan tenggorokan :

1. Minumlah segelas susu hangat yang dicampur satu sendok madu itu dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan anda

2. Campurkan garam dalam air hangat gunakan untuk berkumur dua kali sehari. Cara ini cukup instan meredakan sakit tenggorokan.
3. Perbanyak minum air hangat dan hindari sesuatu yang dingin atau asam. Cairan yang hangat akan menenangkan tenggorokan Anda.
4. Perbanyak konsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah dan sayur
5. Hindari asap dan debu, karena dapat mengiritasi tenggorokan Anda lebih lanjut. Jauhi rokok atau lingkungan yang penuh asap rokok.
6. Bicara atau menyanyi seperlunya saja. Berikan tenggorokan Anda istirahat. Tindakan tersebut membantu Anda untuk pulih lebih cepat.
7. Pertimbangkan untuk mengonsumsi permen atau obat pelega tenggorokan. Terkadang makanan tersebut bisa membantu meringankan sakit tenggorokan Anda.
8. Konsumsi kunyit. Parut kunyit kemudian air hasil perasannya dicampur sedikit garam lalu diminum.
9. Jika sakit tenggorokan kronis, kurangi hal-hal yang menyebabkan iritasi seperti penggunaan pelembab udara dekat tempat tidur
10.Mengunyah cengkeh dapat mencegah iritasi pada tenggorokan. Meski awalnya terasa panas, namun panas tersebut hanya sebentar dan tenggorokan Anda akan terasa lebih baik.
Nah….!!!! 10 cara diatas dapat Sahabat Les Privat Sidoarjo terapkan secepatnya, Jika cara diatas belum bisa meredahkan atau mengobati sakit tenggorokan anda segera periksakan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *