manja

Les Privat Sidoarjo akan membahas penyebab anak menjadi manja berikut bahasannya.

Setiap orang tua pasti menyayangi anaknya melebihi apapun di dunia ini. Dari saking besarnya kasih sayang tersebut, banyak orang tua yang beranggapan bahwa anaknya tidak boleh mengalami kesulitan seperti yang dirasakan orang tuanya dulu. Akibatnya, mereka memanjakan anak. Sikap memanjakan anak tidak bergantung pada kaya atau miskinnya suatu keluarga, tetapi lebih dipengaruhi oleh sedikit banyaknya pengetahuan atau cara yang diketahui orang tua dalam mendidik anak.

Ketidaktahuan mengenai pola mendidik anak yang baik dan benar sering kali membuat orang tua melakukan banyak hal yang salah kaprah. Niat hati ingin menunjukkan cinta dan sayang kepada anak, tapi tindakan tersebut justru membuat anak menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua tidak boleh sepenuhnya menyalahkan anak jika ia tumbuh menjadi anak yang manja, karena sering kali orang tualah yang keliru dalam mendidik. Jika demikian, berarti sudah saatnya untuk mengubah sikap kita sebagai orang tua. Selain kurangnya pengetahuan mengenai cara mendidik anak tersebut, ada beberapa hal yang juga sering kali membuat orang tua memanjakan anak. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perasaan bersalah.
    Rasa bersalah ini muncul karena orang tua merasa waktu berkualitas yang dihabiskan bersama anak sangat kurang. Akibanya, orang tua akan melakukan segala cara untuk membuat anaknya merasa senang, termasuk menuruti segala keinginannya.
  2. Anak yang terbiasa dibantu dan dilayani.
    Sering kali, orang tua ingin langsung terjun membantu jika buah hatinya tidak bisa melakukan atau kesulitan dalam menyeleasikan sesuatu. Padahal, tugas orang tua hanyalah untuk mendorongnya supaya anak berusaha lebih keras untuk menyelesaikan tugasnya tersebut dengan benar. Selain itu, tindakan ini hanyalah akan membuat anak sangat tergantung pada orang tuanya.
  3. Kasih sayang yang berlebihan.
    Sering kali, orang tua menunjukkan kasih sayang kepada buah hatinya dengan cara membelikannya benda-benda yang sebenarnya tidak perlu di usianya tersebut atau suatu benda yang tidak ada manfaatnya pada anak. Hal ini dilakukan hanya karena orang tua tidak ingin anak merasakan hal serupa semasa orang tua masih kecil dulu. Padahal, tindakan ini hanya akan membuat anak beranggapan bahwa semua keinginannya pasti akan dipenuhi oleh orang tuanya.
  4. Kurang kedisiplinan.
    Anak yang manja bisa jadi disebabkan oleh anak yang terlalu bebas untuk melakukan segala sesuatu, sementara orang tua tidak pernah menegurnya. Misalnya, anak tidak bisa meraikan mainanya sendiri setelah bermain, sementara orang tua tidak pernah merespon dan menegurnya. Atau, bahkan ada orang tua yang beranggapan bahwa hal semacam ini tidak perlu dirisaukan karena anaknya masih kecil. Padahal, kedisiplinan harus dimulai dari hal-hal kecil dan disesuaikan dengan kemampuan anak.

Demikianlah tips parenting tentang “apa yang menyebabkan anak menjadi manja?“. Dari pembahasan di atas, mulai dari sekarang kita sebagai orang tua harus lebih memperhatikan cara mendidik dan merawat buah hati agar sifat manja anak bisa dihindari.

Semoga bermanfaat ^^

sumber ibundacerdas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *