21804_tips-memilih-tontonan-tv-yang-aman-untuk-anak

 

 

 

 

 

 

 

Seringkali Kita nonton TV bukan? Nah, menurutmu semua tontonan di TV itu mendidik atau bahkan tak mendidik? Jaman sekarang mungkin banyak acara-acara TV yang tak mendidik, dimana di acara tersebut lebih menonjolkan kesan Cinta-Cintaan, Perkelahian, dan bahkan Kenakalan Remaja. Saya lihat disini, acara-acara yang mengandung unsur tersebut adalah acara-acara sinetron. Dan kali ini Les Privat Sidoarjo akan mengulas sedikit tentang berbagai macam acara-acara atau tontonan yang baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Mempunyai Banyak Pesan Moral

Tentu tontonan yang baik untuk anak-anak adalah tontonan yang mempunyai banyak pesan moral, pesan moral disini adalah pesan yang disampaikan oleh si pengarang cerita terhadap penonton, dan biasanya pesan moral disetiap tontonan TV itu yang bersifat positif, biasanya Acara-acara TV yang mempunyai banyak pesan moral adalah acara Animasi, Saya sarankan acara animasi yang tayang di Indonesia adalah Marsha and The Bear, Upin dan Ipin, Adit Sopo Jarwo, dan lain-lain.

Tak Ada Unsur Kekerasan, Percintaan

Seringkali Kita menjumpai acara-acara TV yang ada unsur Kekerasan dan Percintaan bukan? Contoh dari unsur kekerasan adalah didalam acara tersebut banyak adegan pukul-pukulan, tawuran. Dan unsur percintaan ini maksudnya di acara tersebut mempunyai banyak adegan Pacaran dimana untuk anak-anak bahkan remaja sekalipun dilarang.

Mendidik

Ya beginilah, akhir-akhir ini di TV banyak acara-acara yang tidak mendidik, pasti Kamu taulah apa saja acara-acara tersebut, muehehehe. Acara yang tak mendidik itu biasanya sama sekali tidak ada perbuatan yang mendidik, dimana didalam acara tersebut isinya hanya perbuatan-perbuatan yang tak boleh ditiru oleh anak-anak maupun remaja-remaja, saran Saya untuk acara yang mendidik adalah Si Bolang, Laptop si Unyil, Dunia Binatang, Jejak si Gundul, dan lain-lain.

Acara Yang Tak “Alay”

Saat ini banyak sekali acara-acara diantaranya sinetron, talk show, game show, dan lain-lain. Apa sih itu Acara Yang Tak Alay? Ya menurut Saya sih acara yang kebanyakan tkohnya itu berbicara alay, berpilaku berlebihan, dan lain-lain, sedangkan apa dampaknya? Dampaknya mungkin sangat terlihat jelas disekitar Anda, teman-teman Anda mungkin sudah terkena “penyakit” alay itu, bahkan mungkin adik Saya sendiri sudah terkenal pernyaki alay -_- .

Mempunyai Unsur Ke-Agamaan

Nah, menurut Saya inilah unsur/ciri-ciri yang baik untuk tontonan TV. Di unsur ini maksudnya acara tersebut memiliki nilai ajaran agama yang kuat. Disini Saya sarankan acara tersebut adalah Adit Sopo Jarwo, dan untuk kategori sinetron Saya sarankan acara Tukan Bubur Naik Haji, mungkin banyak yang menganggap sinetron Tukang Bubur Naik Haji adalah sinetron yang tak bermutu, namun setelah Saya lihat sinetron tersebut, ternyata didalamnya mempunyai banyak sekali nilai-nilai ajaran agama Islam.
Oke sekian sudah artikel hari ini, Saya yakin Anda sudah tau apa saja acara-acara TV yang mempunyai unsur-unsur yang mendidik ataupun tontonan yang pantas untuk anak-anak bahkan remaja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *