les privat surabaya
lbb privat surabaya

Air liur atau air ludah dalam bahasa ilmiah dikenal dengan Saliva adalah cairan bening yang dihasilkan oleh Manusia dan beberapa jenis hewan. Pada air liur atau ludah ini terkandung beberapa unsur, antara lain adalah Elektrolit yang mengandung Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium. Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim.

Didalam air liur atau air ludah terkandung zat yang dapat membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin, Histatin adalah protein yang dihasilkan oleh air liur yang dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka. Fakta ini juga menjawab mengapa luka pada mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit atau tulang.

air liur juga dapat dimanfaatkan untuk mengungkap identitas seseorang karena dari air liur itu bisa didapatkan sampel untuk DNA, walaupun pada air liur sel DNA tetapi sel-sel dari lapisan mulut dapat ditemukan pada sampel air liur. Air liur dapat memberikan petunjuk apa saja yang telah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi.

Air liur juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam mulut seperti membersihkan makanan dan sel-sel mati di dalam mulut, mengikat makanan menjadi bola sehingga dapat ditelan, membersihkan makanan yang tersisa dan bakteri dari gigi, mencegah lapisan rongga mulut menjadi kering, menghancurkan atau mencegah pertumbuhan jamur di dalam mulut, menetralisir asam dari makanan yang dimakan, dan membantu menumbuhkan enamel gigi yang rusak karena kalsium dan kadar phospor.

Macam-macam Kelanjar air ludah

Macam-macam kelenjar air ludah berdasarkan letaknya adalah:

1. Grandula parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak di dekat telinga dan memproduksi ludah berbentuk cair yang disebut serosa.
2. Grandula submandibularis, yaitu kelenjar ludah yang berada di rahang bawah  dan memproduksi ludah berbentuk air dan lendir yang disebut seromucus.
3. Grandula sub lingualis, yaitu kelenjar ludah yang berada di bawah lidah dan memproduksi air ludah yang sama dengan grandula submandibularis.

Grandula parotis disebut juga kelenjar gondok. Jika kelenjar gondok ini terinfeksi akan menyebabkan penyakit gondok.

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya,

lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,  lbb privat surabaya,

les privat, les privat, les privat, les privat, les privat, les privat, les privat,

guru privat surabaya, guru privat surabaya, guru privat surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *