Kali ini  les privat sidoarjo akan membahas tentang infused water yang sedang trend paa saat ini .  Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus tengah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia.  Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Manfaat infused water :

Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu. Jika benar demikian, maka tubuh akan sering sakit. Sehingga diet atau pola makan detoks pun belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

Anti-penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan.

Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan menjadi lebih sehat.  Namun, belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Cara Membuat Infused Water  :

Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk membuat infused water adalah buah, sayuran atau dedaunan yang akan menjadi bahan utamanya. Setelah itu cuci bahan utamanya sampai benar-benar bersih dengan air yang mengalir. Setelah bahan-bahan dicuci bersih, barulah dipotong-potong, jangan terbalik urutannya. Jika Anda menggunakan jenis buah yang ukurannya besar, seperti apel dan mangga, maka buah dapat dipotong kotak-kotak seukuran 1cm*1cm*1cm atau dipotong tipis-tipis melebar. Untuk jenis buah seperti jeruk, sisir tipis-tipis dengan ketebalan 0,7 cm. Sedangkan buah yang ukurannya lebih kecil seperti anggur dan stroberi, potonglah menjadi dua atau tiga bagian sesuai kebutuhan, jangan dibiarkan utuh supaya sari/nutrisinya dapat larut ke air.

Setelah bahan sudah disiapkan, tuangkan 500 ml air matang ke dalam wadah atau toples kecil, kemudian masukkan buah-buahan, sayuran atau herba tadi, lalu tutup wadah atau toplesnya rapat-rapat. Nah, di sini Anda tidak perlu menambahkan gula, sirup, susu, atau sejenisnya. Setelah itu masukkan ke dalam lemari es selama 2 jam untuk menunggu sari-sari bahan yang digunakan larut di airnya. Dan setelah dua jam, infused water yang Anda buat telah siap untuk dinikmati. Jika air dalam “air infus” Anda sudah habis diminum, Anda dapat mengisinya kembali dengan bahan yang sama, tapi jika sudah lewat 8 jam, maka ganti dengan yang baru.

Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *