Les privat surabaya: Avicenna Education kali ini akan membahas mengenai konsentrasi belajar, semoga artikel les privat surabaya dapat bermanfaat bagi kita semua, oke langsung saja kita simak.

konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi.

Ciri-ciri siswa yang dapat berkonsentrasi belajar berkaitan dengan perilaku belajar yang meliputi perilaku kognitif, perilaku afektif, dan perilaku psikomotor. Karena belajar merupakan aktivitas yang berbeda-beda pada berbagai bahan pelajaran, maka perilaku konsentrasi belajar tidak sama pada perilaku belajar tersebut.

a. Perilaku kognitif, yaitu perilaku yang menyangkut masalah pengetahuan,informasi, dan masalah kecakapan intelektual. Pada perilaku kognitif ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditandai dengan: (1) kesiapan pengetahuan yang dapat segera muncul bila diperlukan, (2) komprehensif dalam penafsiran informasi, (3) mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh, (4) mampu mengadakan analisis dan sintesis pengetahuan yang diperoleh.

b. Perilaku afektif, yaitu perilaku yang berupa sikap dan apresiasi. Pada perilaku ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditandai dengan: (1) adanya penerimaan, yaitu tingkat perhatian tertentu, (2) respon, yaitu keinginan untuk mereaksi bahan yang diajarkan, (3) mengemukakan suatu pandangan atau keputusan sebagai integrasi dari suatu keyakinan, ide dan sikap seseorang.

c.  Perilaku psikomotor. Pada perilaku ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditandai dengan adanya gerakan anggota badan yang tepat atau sesuai dengan petunjuk guru

Cara meningkatkan konsentrasi belajar:

1.Carilah tempat yang sesuai untuk belajar. Agar bisa berkonsentrasi belajar dengan baik, pastikan anda memilih tempat belajar yang bebas gangguan dengan mencari lokasi yang rapi,tenang dan nyaman.

2.Siapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan. Agar bisa belajar dengan konsentrasi belajar yang tinggi dan hasil yang baik, siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan misalnya, buku catatan dan buku panduan belajar.

3.Rapikan area belajar. Pindahkan barang-barang yang tidak diperlukan dan rapikan area belajar untuk mengurangi setres dang meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Hal-hal yang tidak berkontribusi langsung pada kemampuan berkonsentrasi akan mengalihkan perhatian.

4.Matikan perlengkapan elektronik. Selain ponsel, matikan dahulu perlengkapan elektronik yang tidak diperlukan selama belajar misalnya, pemutar musik.

5.Belajar sesuai jadwal. Buatlah jadwal pelajaran lalu terapkan sebaik mungkin. Dengan demikian akan terbiasa belajar pada waktu tertentu sehingga tujuan yang ingin dicapai lebih mudah terwujud. Setelah mengetahui kapan anda merasa lebih bersemangat, biasakan belajar diwaktu tersebut untuk meningkatkan kemampuan berfokus dan berkonsentrasi pada hal-hal yang harus dipelajari.

6.Ajaklah teman untuk belajar bersama. Adakalanya belajar terasa lebih menyenangkan jika di lakukan bersama teman. Selain bisa berdiskusi dengan saling bertukar pendapat, kita mampu memahami subjek tertentu dari perspektif yang berbeda. Teman juga akan mengingatkan agar tetap belajar sesuai jadwal dan berkonsentrasi pada tugas yang harus di tuntaskan. Saat mencari teman untuk belajar bersama, ajaklah siswa yang bertanggung jawab dan sungguh-sungguh ingin belajar. Pilihlah siswa yang cukup aktif di dalam kelas agar tetap termotivasi untuk mengimbanginya.

7.Berikan insentif pada diri sendiri. Sebelum belajar, pikirkan sesuatu yang ingin anda berikan pada diri sendiri sebagai hadiah atas kesuksesan belajar. misalnya, setelah menghafal catatan selama satu jamajaklah teman mengobrol tentang kegiatan sejak pagi hari atau menonton acara TV favorit. Insentif merupakan sumber motivasi agar mampu berkonsentrasi belajar selama rentang waktu tertentu dan menjadi cara menghargai diri sendiri karena sudah fokus belajar.

Demikian pembahasan kali ini dari Les privat surabaya: Avicenna Education smeoga kita semua dapat mengambil hikmahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *