hallo sahabat Les Privat Surabaya Manfaat bawang putih banyak yang kita dapat rasakan untuk kehidupan sehari-hari. Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan. Yang membuat herbal ini populer adalah kemampuannya dalam mencegah kanker.

Tapi sayang, terkadang aroma nya yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit bawang putih kita konsumsi.

Hampir semua bahan-bahan alami mempunyai khasiat masing-masing dalam tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, namun sebelum beralih ke manfaatnya, ada baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi menarik dalam bawang putih.

Hasil gambar untuk bawang putih

1. Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ini adalah manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% . Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

2. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh

Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus

3. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:

  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

4. Mencegah penyakit kanker

Jika rahasia ini pasti sudah diketahui banyak orang. Kanker merupakan penyakit yang banyak ditakuti sehingga berpotensi menyebabkan kematian. Bawang putih dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan juga berpotensi terserang. Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut berkurang. Potong tipis dan konsumsi atau potong tipis dan gunakan atau masukan kedalam makanan yang anda konsumsi agar bekerjanya lebih maksimal.

bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

5. Bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.

  1. Membersihkan komedo.

    Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Caranya cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.

  2. Menghilangkan noda bekas luka.

    Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.

  3. Obat jerawat.

Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

7. Mengurangi penyakit reumatik

Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.

8. Merangsang sel saraf

Kenapa bawang putih sangat baik untuk penyembuhan. Terutama bagi anda yang mengalami penyakit berkaitan dengan saraf. Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik.

9. Mengobati kolesterol

Allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi untuk dikurangi dengan bawang putih. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol yang tinggi. Karena dengan kolesterol menyebabkan penyakit lain datang seperti halnya jantung dan juga darah tinggi.

10. Mengobati liver atau penyakit di hati

Bawang putih memiliki antioksidan, allicin dan alin yang ternyata berguna untuk mengobati luka pada organ hati atau liver. Karena hati merupakan organ penting untuk membuang racun dan memproses sari makanan dan minuman maka kerja hati sangat diperhitungkan. Jika mengalami peradangan pada hati, bawang putih obat yang paling utama dan manjur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *