kelengkeng 1Kelengkeng merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara yang bentuknya bulat berwarna coklat dan hampir seperti duku, hanya saja kulit kelengkeng lebih tipis dan agak keras. Namun apakah anda sudah mengetahui bahwa manfaat buah kelengkeng sangat baik untu kesehatan dan bukan hanya buanya saja yang bermanfaat, namun kulit dan bijinya juga sangat bermanfaat. Dari sebuah penelitian telah terbukti bahwa buah kelengkeng mampu menyembuhkan beberapa penyakit dan juga mampu menambah stamina bagi tubuh kita.

Kandungan Buah Kelengkeng

Manfaat buah kelengkeng ini memang sangat banyak, itu disebabkan karena beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi tersebut adalah sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, phosphorus, karbohidrat, dan beberapa kandungan lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk itu mengkonsumsi buah kelengkeng ini juga sangat disarankan, namun bagi anda yang menderita penyakit diabetes tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng

Berikut adalah beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh kita :
  1. Mampu mengobati sakit perut.
  2. Beberapa penyakit seperti insomnia dan amnesia.
  3. Mampu meningkatkan produksi darah merah.
  4. Meningkatkan nafsu makan.
  5. Menambah energi yang ada di dalam tubuh kita.
  6. Melancarkan pencernaan karena kandungan serat alami.
  7. Mengurangi sakit kepala, keputihan dan hernia.

Kandungan Gizi Lengkeng – Kelengkeng per100 gram :
kalori 60 kcal
15 grams karbohidrat
1.3 grams protein
1.1 gram serat
83 grams air
Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
Vitamin C 84 mg
Kalsium 1 mg
Besi 0,13 mg
Mangan 0,05 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor 21 mg
Kalium 266 mg
Seng 0,05 mg

Kandungan Gizi Lengkeng – Kelengkeng per100 gram dikeringkan :
Kalori 285 kcal
74 grams karbohidrat
5 grams Protein
0.4 gram Lemak
17.6 gram air
Vitamin B1 (tiamin) 0,04 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,5 mg
Vitamin B3 (Niasin) 1 mg
Vitamin C 28 mg
Kalsium 45 mg
Besi 5.4 mg
Mangan 0,248 mg
Magnesium 46 mg
Fosfor 196 mg
Kalium 658 mg
Seng 0,22 mg

sebaiknya orang mengonsumsi buah lengkeng setiap hari sebanyak 250 gr (seperempat) buah lengkeng segar. Untuk mengatasi kecemasan (anxiety) dan susah tidur/gelisah, setiap hari minumlah 1 sendok makan saripati lengkeng (cairan atau sirup). Caranya, ambil 500 gr daging lengkeng segar dan 500 gr gula pasir, didihkan dalam air kurang lebih 500 ml, dan aduk hingga kental.

Lengkeng juga dapat mencerahkan mata dan menjaga kesehatan kulit (wajah). “Dampak negatif untuk orang pada umumnya tidak ada jika mengonsumsi kelengkeng secara berlebihan,” imbuhnya. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya lengkeng adalah buah-buahan penambah energi yang memiliki kandungan fitokimia, sehingga aman dikonsumsi, kecuali oleh orang yang mengidap penyakit degeneratif seperti gula.

tips membuat makanan kelengkeng

Resep Minuman Es Cincau Kelengkeng – Cara Membuat Es Cincau Kelengkeng – masih jumpa lagi dengan resep minuman dari kami. kali ini resep minuman yang akan kami berikan campuran antara cincau dan juga buah kelengkeng tp yg sudah kering,cincau kebanyakan sering kita jumpai dipasaran yang sudah jadi tinggal pakai. tak perlu bingung lagi bukan buah kelengkeng kering pun biasanya mudah didapat di supermarket atau swalayan. nah sekarang tinggal bagaimana cara pembuatannya,ikuti cara-cara kami di bawah ini.

es-cincau-kelengkeng-150x150

resep minuman es cincau kelengkeng

Bahan 1:

– 50 gr kelengkeng kering, seduh
– 50 gr biji teratai, rebus
– 1 buah jamur putih, seduh, potong serasi
– 50 gr jali, rebus
– 200 gr cincau hitam
– 2 buah jeruk limau, iris halus

Bahan 2:

– 300 gr es batu kepruk

Bahan 3:

– 100 gr gula aren
– 50 gr gula pasir
– 100 ml air

Cara Membuat:

– Rebus semua bahan 3 hingga gula larut, siap untuk digunakan.
– Letakkan bahan 1 di dalam mangkuk/gelas.
– Masukkan semua bahan 2 dan bahan 3 dalam blender, haluskan.
– Tuangkan bahan es dalam bahan 1, sajikan.

mudah sekali bukan cara membuat Es Cincau Kelengkeng ini,apalagi bahannnya juga mudah didapat dipsaran. es ini bisa menjadi teman santai di tengah-tengah keluarga anda. cocok juga untuk minuman saat berbuka puasa,apalagi cuaca yang sangat panas begini

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat, lbb privat, lbb privat,lbb privat,lbb privat,lbb privat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *