Telur tiba-tiba menjadi makanan berprotein yang banyak dihindari orang. Banyak orang tak lagi mengonsumsi dan menghindari telur, karena khawatir jadi penyebab tubuh gemuk dan meningkatkan kolesterol.

Telur, yang pernah dipuji sebagai makanan super sehat, tiba-tiba kehilangan kemilaunya. Bahkan banyak orang yang salah paham tentang manfaat dan kandungan sehat dari telur.

Seperti dilansir Times of India, Dr Geeta Dharmatti, ahli gizi asal India berusaha menyingkirkan beberapa keraguan yang paling menarik tentang telur.

Telur bisa tingkatkan kadar kolesterol orang dewasa?

Satu kuning telur memiliki 221 mg kolesterol, sementara tubuh butuh 300 mg kolesterol dalam sehari. Penelitian merekomendasikan mengonsumsi tiga butir telur per minggu, karena telur memiliki nutrisi yang lebih penting dan mikronutrien untuk regenerasi sel dan anti-penuaan. Jadi, merupakan kesalahan besar jika Anda menganggap mengonsumsi telur bisa bikin gemuk dan meningkatkan kadar kolesterol berbahaya.

Tentu, jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal, telur akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Dan perlu diketahui, setiap orang harus mengonsumsi satu gram protein untuk setiap kilogram berat badan mereka setiap hari. Protein tidak dapat disimpan. Tubuh Anda membutuhkan setiap hari dalam jumlah yang tepat.

Berapa banyak telur bisa dikonsumsi orang dewasa per harinya?

Satu butir telur mengandung 6,6 gram protein. Kebutuhan protein orang dewasa adalah 0,8-1,0 gram / kg berat badan. Diet sehat dengan dals / kacang-kacangan / susu dan produk susu sesuai kebutuhan kalori dan protein memberikan 35-40 gram protein harian. Satu telur per hari akan memberikan nutrisi penting yang memadai untuk diet sehat.

Protein dengan nutrisi penting akan memberikan kontribusi untuk gizi yang baik pada orang dewasa yang sehat. Telur harus dihitung sesuai dengan asupan makanan lainnya. Putih telur bisa dikonsumsi  3-4 butir, tapi  telur utuh untuk dewasa yang sehat hanya boleh dikonsumsi satu butir per hari.

Apa manfaat kesehatan dari telur?

Telur adalah salah satu sumber terbaik protein dan merupakan makanan berkualitas tinggi protein. Telur adalah sumber yang sangat baik dari protein lengkap (protein dengan semua asam amino esensial) Yolk memiliki vitamin larut lemak penting A, ED, K.

Telur bisa membantu meningkatkan metabolisme,  telur juga membantu dalam penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal. Telur juga kaya  mikronutrien seperti B- Complex Vitamin, Se, Zn yang bertindak sebagai penguat kekebalan tubuh. Telur juga salah satu sumber terbaik dari klorin dan vitamin D.

Cara terbaik konsumsi telur?

Setiap saat adalah waktu terbaik untuk makan telur. Satu butir telur atau tiga putih telur dapat dikonsumsi saat sarapan atau makan malam untuk memaksimalkan manfaat dari kalori dan nutrisi dalam melengkapi diet.

Bagaimana cara pilih telur yang sehat?

Sesuai norma, semua telur harus sehat, tanpa hormon dan antibiotik yang disuntikkan. Omega tiga telur yang kaya adalah di mana ayam telah diberi makan biji rami.

Bagaimana membedakan antara telur  yang sehat dan telur yang tidak sehat?

Dalam telur yang sehat, kuning telur lebih tebal dan lebih gelap dan putih telur padat. Warna kulit telur juga harus diperhatikan. Berbagai jenis telur memiliki jumlah yang berbeda dari kandungan protein. Juga, keturunan yang berbeda dari ayam bertelur berwarna berbeda. Tidak ada perbedaan dalam gizi. Mungkin ada perbedaan rasa tapi nutrisi tetap sama. (ase)

Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Sahabat Les Privat Sidoarjo!

Sumber : VIVALIFE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *