Pramuka adalah kepanjangan dari praja muda karana yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Gerakan Pramuka adalah gerakan yang baru, organisasi baru, yang disahkan dengan Surat Keputusan Presiden No.238 Tahun 1961 dengan tujuan, corak, tugas, fungsi dan bekerja yang baru. Bukan merupakan lanjutan dari salah satu organisasi kepanduan yang ada sebelum Gerakan Pramuka. Mengikuti perkembangan zaman, diharapkan Gerakan Pramuka mampu membawa perubahan dan dapat mengembangkan kegiatan secara meluas, serta menjadi kuat dan memperoleh tanggapan luas dari masyarakat.Dengan demikian, kita sebagai generasi Pramuka masa kini harus lebih kreatif dalam berkegiatan kepramukaan. Tidak hanya sempit pemikiran tentang apa yang dahulu Pramuka lakukan, namun lebih mengembangkan kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif yang dapat menjadi daya tarik bagi generasi muda. Sehingga Gerakan Pramuka dapat menjadi salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian Indonesia.

Les privat surabaya: Avicenna Education kali ini akan membahas mengenai pentingnya pendidikan pramuka, semoga artikel les privat surabaya dapat bermanfaat bagi kita semua, oke langsung saja kita simak.

PENDIDIKAN KEPRAMUKAAAN BUKAN KEWAJIBAN, MELAINKAN HAK UNTUK SELURUH ANAK INDONESIA.

Boleh sedikit berbangga diri, karena satu-satu nya organisasi ekstrakurikuler yang eksistensinya di landasi oleh undang-uundang adalah organusasi kami.
yaitu Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka adalah perkumpulan gerakan pendidikan kepanduan kebangsaan Indonesia untuk anak-anak dan pemuda warga negara republik Indonesia
(Keputusan Presiden No.238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka).
Pada perkembangan sekarang ini , Gerakan Pramuka mengalami perkembangan yang baik, tetapi juga mengalami penurunan dalam pandangan masyarakat.
karena hanya di pandang sebagai kegiatan anak-anak dan bahkan di pandang sebagai kegiatan seperti anak kecil yang hanya tepuk-tepuk dan bernyanyi,
bermain tali, togkat,dan menggunakan sandi.
Pemuda-pemudi sekarangpun kebanyakan juga kurang berminat ataupun tertarik kepada pramuka.
Gerakan Pramuka di anggap kegiatan yang kuno dan tidak mampu berkembang, bahkan juga banyak yang menilai bahwa Pramuka tidak memeiliki manfaat.
Padahal jika kita mengetahui apa sebenarnya Gerakan Pramuka sendiri, banyak manfaat yang dapat di ambil dari kegiatan kepramukaan.
Oleh pemrintah, pendidikan Gerakan Pramuka memang ditujukan untuk kegiatan kepemudaan yang berwawasan kebangsaan demi membentengi NKRI
dan mencetak karakter-karakter anak bangsa yang baik,terlatih,dan terdidik.

Pada era modern seperti saat ini , keberadaan Pramuka sangat di butuhkan untuk membentengi pengaruh-pengaruh asing
yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa.
namun,banyak tantangan yang harus di hadapi dan perlu adanya pengembangan yang berkelanjutan dalam pembinaan pendidikan kepramukaan.

kegiatan-kegiatan Kepramukaan perlu dikemas dengan lebih apik dan bermasyarakat. bukan sekedar menunjukkan kreatifitas dan kualitas anggota Gerakan Pramuka.
namun kita harus membuat masyarakat mengenal Pramuka lebih dalam. jika kegiatan Kepramukaan terus menerus di selenggarakan di kalangan Pramuka saja,
kapan masyarakat akan mau mengenal Pramuka?
belum lama ini dunia perfilm an Indonesia telah diwarnai dengan sebuah karya anak bangsa yang menggunakan latar belakang Gerakan Pramuka dalam hasil garapan nya.
Film itu di suguhkn dengan menarik, alur cerita yang sederhana tetapi mempunyai pesan moral yang mendalam.
saya berharap dimasa depan yang mendatang banyak anak bangsa yang mengangkat tema Kepramukaan dalam hasil karya nya.
agar masyarakat luas dapat mengenal Pramuka lebih jauh lagi.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
1.Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.
2.Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Dengan mengikuti perkembangan zaman,
diharapkan Gerakan Pramuka mampu membawa perubahan dan dapat mengembangkan kegiatan secara meluas,
serta menjadi kuat dan memperoleh tanggapan luas dari masyarakat.Dengan demikian,
kita sebagai generasi Pramuka masa kini harus lebih kreatif dalam berkegiatan kepramukaan.
Tidak hanya sempit pemikiran tentang apa yang dahulu Pramuka lakukan,
namun lebih mengembangkan kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif yang dapat menjadi daya tarik bagi generasi muda.
Sehingga Gerakan Pramuka dapat menjadi salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian Indonesia.
Seperti yang dikatakan Bung Karno ketika penyerahan Panji Gerakan Pramuka,
“Berusahalah sehebat-sebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita, sampai pada suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa di kota maupun yang penggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia”.

sebagai seorang pramuka saya berharap kedepan akan lebih baik.
dari begitu banyak nilai-nilai kehidupan, beraneka ragam ilmu pengetahuan dan keterampilan,serta wawasan
tentang kebangsaan yang sangat mendalam alam pendidikan Kepramukaan,sepatut nya tidak sekedar memposisikan gerakan Pramuka sebagai kegiatan “ekstrakurikuler”.
melainkan menjadi bagian utama dari sistem pendidikan nasional.

Karena pendidikan Pramuka bukan kewajiban,melainkan hak setiap anak Indonesia.

Demikian pembahasan kali ini dari Les privat surabaya: Avicenna Education smeoga kita semua dapat mengambil hikmahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *