Kali ini les privat surabayaAvicenna Education– akan membahas tentang pentingnya sarapan. Langsung saja kita bahas.

Sarapan pagi merupakan makanan yang dimakan setiap pagi hari atau suatu kegiatan yang penting dilakukan sebelum mengisi aktivitas yang lain setiap hari. Sarapan dibutuhkan untuk mengisi lambung yang telah kosong selama 8-10 jam dan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kosentrasi belajar dan kemampuan fisik.

Banyak pelajar yang akan memulai aktifitasnya sekolahnya dipagi hari malas untuk sarapan. Hal ini paling sering disebabkan oleh waktu persiapan, dan pada akhirnya menjadi kebiasaan. Anak-anak yang tidak mau sarapan pada umumnya adalah karena kebiasaan yang dilakukan sejak lama,dan kebiasaan itu harus di hilangkan. Pelajar yang tidak makan atau melewatkan sarapan rutin,berisiko tinggi akan beberapa masalah kesehatan lainnya. Bahwa anak-anak yang tidak sarapan sebelum ke sekolah memiliki masalah seperti,mengantuk, sakit perut, kelelahan, lemas, mudah marah, kecemasan, kurang bahagia, gugup, lesu, dll. Beberapa masalah lain yang dapat dilihat pada siswa yang melewatkan sarapan mereka. Masalah fisik dan psikologis seperti memiliki kemampuan untuk menghambat proses belajar anak.

Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar Disekolah Pelajar yang terbiasa makan sarapan telah terbukti memiliki konsentrasi yang lebih baik selama mengikuti pelajaran,daripada pelajar yang tidak sarapan. Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar Disekolah Pelajar yang terbiasa makan sarapan telah terbukti memiliki konsentrasi yang lebih baik selama mengikuti pelajaran,daripada pelajar yang tidak sarapan.

Sarapan Sehat Yang tak kalah pentingnya adalah kita harus tahu makanan apa yang sehat dan terbaik untuk sarapan. Meskipun karbohidrat berguna untuk menyediakan energi bagi tubuh, namun perlu diperhatikan bahwa sarapan yang baik itu tidak hanya makan karbohidrat. Makanan untuk sarapan harus mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan,termasuk protein, kalsium, vitamin B6, vitamin A, zinc dan zat besi. Buah-buahan harus menjadi bagian dari makanan anak-anak. Buah-buahan segar seperti, jeruk, pisang, anggur, pepaya, mangga, buah pear, apel, dll adalah pilihan buah yang baik diantara makanan sarapan. Nasi dengan lauk lengkap dengan telur, sayur atau ikan juga bisa disajikan sebagai sarapan yang sehat.

Adapun manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah diantaranya:

  • Dapat membantu anak-anak lebih fokus pada pelajaran disekolah.
  • Anak-anak bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas dipagi hari karena kebutuhan energi terpenuhi.
  • Sarapan adalah salah satu tindakan pencegahan agar anak-anak tidak mudah sakit seperti sakit perut,maag, dan pusing.

Tujuan sarapan pagi bagi anak sekolah:

  • Meningkatkan konsentrasi belajar.
  • Memudahkan menyerapkan pelajaran.
  • Meningkatkan prestasi belajar.

Dampak yang ditimbulkan apabila jarang sarapan diantaranya:

  1. Jarang sarapan membuat seseorang terserang penyakit jantung.
  2. Jarang sarapan membuat otak seseorang keropos.
  3. Otak melemah.

Demikian artikel mengenai pentingnya sarapan sebelum sekolah. Semoga artikel les privat surabayaAvicenna Education– dapat membantu teman teman semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *