PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

Hari ini guru privat surabaya akan berbagi ilmu mengenai pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Mari kita simak bersama apa sih yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. untuk lebih jelasnya bisa langsung kita bahas di bawah

  1. PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pertumbuhan merupakan peristiwa perubahan pada ukuran (volume) pada makhluk hidup yang terjadi selama masa hidupnya sebagai dampak dari perbanyakan sel dan pembesaran ukuran (volume) sel yang tidak dapat balik (irreversible) yaitu tidak akan kembali ke bentuk semula. Pertumbuhan dapat diukur dengan alat ukur berat, panjang, dan jumlah yang disebut auksonometer (busur pertumbuhan).

Perkembangan merupakan proses makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan ditandai dengan adanya perubahan struktur dan fungsi masing-masing organ hingga perubahan ini sangatlah kompleks. Suatu makhluk hidup dikatakan dewasa ketika alat perkembangbiakannya secara kawin telah berfungsi.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan berjalan beriringan sehingga jika suatu makhluk hidup mengalami pertumbuhan maka organ lainnya pun menyesuikan diri dengan mengalami perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan memiliki perbedaan yaitu :

                                                                       TABEL PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANG
                       PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

 

  1. FAKTOR PENGARUH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pada makhluk hidup, setiap pertumbuhan dan perkembangannya pasti merupakan sebuah hasil dari interaksi antara faktor dalam dan faktor luar. Faktor ini bisa jadi membantu maupun mengurangi responnya terhadap pertumbuhan maupun perkembangan. Berikut faktor pengaruh pertumbuhan dan perkembangan ;

 

  1. Faktor Luar

Faktor luar merupakan faktor yang dapat dilihat maupun di rasakan disekeliling makhluk hidup.

 

  1. Makanan dan nutrisi

Makanan merupakan salah satu bahan penting yang dibutuhkan tubuh sebabgia sumber energy dalam proses pembentukan metabolism tubuh. Kualitas maupun kuantitas makanan sangat berpengaruh baik dalam pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu, seiring meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan baik pada tumbuhan, hewan dan manusia, semakin banyak gizi yang dibutuhkan dan harus terpenuhi untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang mendekati sempurna. Seperti manusia yang membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan yang baik dan cepat.

 

  1. Cahaya

Cahaya sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan khususnya pada tumbuhan dimana tumbuhan membutuhkan fotosintesis untuk pembuatan makanannya sendiri. Fotosintesis tidak akan bekerja tanpa adanya cahaya matahari. Tetapi cahaya juga dapat menghambat pertumbuhan dikarenakan cahaya dapat merusak hormon auksin yang terdapat di ujung batang, hal ini menyebabkan kecambah yang tumbuh di tempat gelap cnderung lebih panjang tetapi nutrisinya lebih sedikit.

 

  1. Suhu

Suhu yang sesuai sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang disebut sebagi suhu optimum. Meskipun hewan dan manusia memiliki suhu tertentu yang sesuai, mereka tetap bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan suhu tertentu. Berbeda dengan tumbuhan yang menunjukkan pengaruh yang lebih nyata terhadapsuhu. Hal ini disebabkan karena semua proses dalam pertumbuhan dan perkembangan seperti penyerapa air, fotosintesis, penguapan dan pernapasan pada tumbuhan dipengaruhi oleh suhu.

 

  1. Oksigen

Oksigen diperlukan organisme untuk pernafasan. Oksigen juga digunakan untuk membakar zat makanan agar menghasilkan energi yang kemudian dapat digunakan untuk beraktivitas.

  1. Air dan Kelembaban

Tanpa air khususnya setiap makhluk hidup tidak akan dapat bertahan hidup. Air merupakan sarana berlangsungnya reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh. Contohnya tubuh manusia yang kekeurangan air cenderung tidak sehat dan bisa menyebabkan dehidrasi jika terus menerus kekurangan air. Begitupun tumbuhan, kondisi tanah yang tersiram air atau lembab sangat membantu pertumbuhan tumbuhan yang mempengaruhi pemanjangan sel dan dapat mempertahankan stabilitas bentuk sel.

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN
  1. Faktor Dalam
  2. Gen

Makhluk hidup pastilah membawa substansi atau sifat yang diturunkan dari induknya. Hal ini disebut gen. gen mempengaruhi cirri dan sifat makhluk hidup dalam segi bentuk tubuh, tingg tubuuh, warna kulit, warna bunga, warna bulu, rasa buah dan lain sebagainya. Gen juga mengambil andil dalam menentukan kemampuan metabolism makhluk hidup. Tumbuhan, hewan maupun manusia memiliki gen yang baik akn tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

 

  1. Hormon

Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai macam respon dalam tubuh. Meskipun jumlahnya kecil, hormon memberikan pengaruh yang sangat besar dan nyata dalam pengaturan berbagai macam proses dalam tubuh mahluk hidup. Hormon yang terdapat dalam tubuh tumbuhan,hewan dan manusia berbeda-beda bergantung pada fungsinya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *