Zaman telah bergeser mulai abad abad lampau, dimulai dari sistem politik berdasarkan kerajaan/ monarki  bergeser ke sistem demokrasi. Teknologi juga begitu, dari teknologi perang tercanggih menggunakan pedang dan baju zirah, menjadi teknologi pesawat – pistol- bom dsb. Zaman sudah mulai berganti, bila kita dahulu dari surabaya-menuju ke jakarta membutuhkan waktu berbulan-bulan, sekarang cukup 1 hari. Ini menunjukan bertambahnya tahun, semakin meningkat pula budaya dan teknologi masyarakat. Hal inipun berimbas kepada corak dan kultur pendidikan di indonesia, dahulu ketika kita semua ujian- harus membawa peralatan tulis pensil 2B beserta penghapusnya, namun saat ini kita ujian hanya perlu menghadap layar dan keyboard untuk menulis jawaban. Pergeseran budaya pendidikan ini perlu diapresiasi sebagai bentuk percepatan dan meminimalisir kebocoran soal.

Dengan adanya pergeseran ujian tulis menjadi komputerisasi, tentu ini sebenarnya bisa lebih dimanfaatkan lagi lebih optimal dalam penggunaan teknologi. Pendidikan dengan mengunakan teknologi komputerisasi tidak hanya sebatas ujian nasional saja, melainkan bisa diaplikasikan dalam pendidikan tatap muka disekolah ataupun diluar sekolah. Bila ada teknologi yang lebih memudahkan kita semua untuk memahamkan murid-murid, seharusnya hal itupun digunakan.

Pendidikan sejatinya adalah pembentukan dan pelatihan moralitas, skill serta intelegensi dasar untuk penerus bangsa. Kita bisa menanamkan sejarah hebat indonesia dengan menggunakan teknologi video – film dsb yang dimana hal ini bisa menyentuh hati dan ruh -semangat – motivasi perjuangan parah pahlawan bisa dirasakan oleh siswa-siswa penerus bangsa indonesia. Bukan dengan disuruh baca tapi tidak paham kondisi -psikologis-mencekamnya diera penjajahan.

Pergeseran kultur mengajar dari manual ke teknologi juga perlu dibarengi dengan perubahan skill pengajar atau guru di indonesia. Jangan sampai komputerisasi menjadikan pendidikan indonesia tetap sama secara kwalitas tanpa ada efek apapun didalam sistem pendidikan di indonesia.

Harapan kami, semoga pendidikan di indonesia terus maju dan bisa melahirkan SDM-SDM yang unggul. Salam AVICENNA EDUCATION – LBB PRIVAT SURABAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *