Cuci tangan masih jadi kegiatan yang disepelekan oleh banyak orang. Iya atau iya, Loopers? Padahal dengan mencuci tangan, kamu bisa mencegah berbagai macam penyakit yang pengen masuk ke tubuh kamu. Beneran, deh. kamu harus baca manfaat-manfaat cuci tangan di bawah ini. Dijamin kamu bakal pengen langsung lari ke wastafel untuk cuci tangan!

Mencegah Infeksi Mata

Bentar deh, hubungannya tangan sama mata apa coba? Eits, jangan salah, Kamu pasti pernah deh secara nggak sadar mengusap-usap matamu. Penyebaran bakteri yang bisa menginfeksi mata, seperti trachoma, dapat dicegah dengan mencuci tangan secara rutin. Cuci tangan juga efektif banget buat mencegah sakit mata (mata merah). Makanya, sering-sering cuci tangan pakai sabun, ya, terutama yang menggunakan lensa kontak tuh.

Mengurangi Resiko Diare dan Sakit Perut

Kalau yang ini mungkin kamu udah sering denger dari kecil kali, ya. Tapi jangan ngeremehin, lho, Loopers. Misalnya, nih, kamu habis beraktivitas di luar, masuk ke rumah, terus asal comot makanan di meja makan, ntar usus kamu bisa kena infeksi! Tahu nggak, sih, kalau diare merupakan penyebab tertinggi kematian pada anak usia di bawah lima tahun? Ngeri banget, kan? Mulai sekarang, kasih contoh ke adik kamu dengan sering cuci tangan, ya.

Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Patogen, virus yang jadi penyebab utama Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), ternyata paling banyak bersarang pada jari dan telapak tangan. Ya ampun, padahal kan kalau nggak ada masker atau tisu, kita sering banget menutup mulut dan hidung dari debu dengan tangan. Nah, cuci tangan secara bersih bisa menurunkan resiko ini.

Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Menurut Journal of Environment Research and Public Health, cuci tangan menggunakan sabun bisa menghilangkan lebih dari 92% kuman dan bakteri penyebab penyakit yang menempel di tangan. Bahkan ternyata munculnya jerawat bisa disebabkan oleh tangan yang kotor, lho. Saat lagi ngerjain tugas sekolah, misalnya, pasti ada saat-saat di mana kamu bakal bengong untuk mikir sambil menopangkan tanganmu di dagu. Duh, gawat juga ya.

Mencegah Penularan Penakit

Salah satu cara penularan penyakit adalah saat kamu berinteraksi dengan orang yang sedang sakit. Itulah kenapa kalau kamu habis berjabat tangan atau menjenguk orang yang sakit, kamu dianjurkan untuk cepet-cepet mencuci tangan. Kamu nggak mau jadi ikutan sakit, kan, Sahabat Les Privat Sidoarjo?

Selain kelima manfaat di atas, tentu aja cuci tangan dengan sabun bisa membuat tanganmu bersih dan harum. Coba bayangin kalau kamu lagi jalan sama pacar kamu, terus tiba-tiba dia menggandeng kamu. Nggak mau, kan, tangan kamu ketahuan kotor dan bau nggak enak? Hehehe, makanya sering-sering cuci tangan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *