Cara menghemat baterai Android merupakan tips yang paling banyak di cari karena baterai boros adalah salah satu masalah terbesar yang menjadi keluhan pengguna Android saat ini, Ini adalah keadaan sangat menyebalkan ketika kita menghitung uptime smartphone saat ini dalam jumlah jam bukan hari, dengan baterai standar apakah smartphone anda dapat bertahan satu hari penuh tanpa melakukan charger ulang?

Sebagian orang menyelesaikan masalah ini dengan memilih menggunakan power bank dan juga ada yang mengganti baterai android dengan kapasitas yang lebih besar. Bagaimana jika anda tetap memilih untuk memakai baterai standar dan tidak ingin juga memakai asesoris tambahan seperti power bank dll ?

Jadi ada hal-hal yang realistis yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai ponsel Anda dengan mematikan fitur yang jarang anda gunakan pada smartphone android.

Berikut ini Les Privat Sidoarjo akan berbagi beberapa tips sederhana yang bisa meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android Anda:

1. Hapus/ uninstall aplikasi yang tidak berguna

Beberapa aplikasi mungkin saja ada yang berjalan di latar belakang. Walau pada kenyataannya aplikasi tersebut tidak sedang dibuka namun bisa saja berjalan di latar belakang. Atau manakala terdapat update pada aplikasi tersebut, maka kerja ponsel akan bertambah. Untuk itu hapus saja beberapa aplikasi yang dirasa tidak pernah dipakai. Di samping menghemat penggunaan baterai, juga akan melegakan memory ponsel anda.

2. Kurangi brightness layar

Kecerahan/ brightness pada layar Android juga berpengaruh terhadap konsumsi baterai. Maka kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai Android. Kalau saya sendiri brightness layar biasanya saya setel sampai 1/4 saja pada kondisi normal. Namun beberapa ponsel Android sekarang ada yang dilengkapi dengan fitur auto brightness, jadi kecerahan layar akan disesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar.

3. Matikan WiFi & Bluetooth Bila tidak Dibutuhkan

Hal ini sering terlewat oleh para pengguna hp android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneki WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth

4. Kurangi Volume & Matikan Getar

Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *