10 Cara membaca cepat, Efektif, Mudah Mengerti Dan Diingat – Terbukti Secara Ilmiah

Kenapa Anda Membutuhkan Untuk Membaca Dengan Cepat? Apa Keuntungannya?

Membaca dengan cepat akan memberi dampak yang sangat positif dalam kehidupan, terutama bagi pebisnis, pelajar dan bagi siapa saja yang suka dan  banyak membaca.

Dengan membaca cepat dan mengerti, secara langsung Anda akan meningkatkan: kemampuan untuk memecahkan masalah, kepercayaan diri yang lebih tinggi, kesempatan lebih banyak untuk belajar dan memperbaiki memori yang akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Anda dapat lebih memahami struktur keseluruhan buku atau dokumen. Hal ini menghasilkan pemahaman yang “lebih besar”, dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk belajar, pekerjaan dan karier Anda.

Berikut ini adalah cara-cara untuk membaca cepat dan mudah mengerti, memahami informasi lebih baik dan mempertahankannya lebih lama.

 

  1. Membaca Sepintas Lalu / Melirik Isi Buku

Caranya, sebelum Anda membaca sesuatu, lihatlah terlebih dahulu pembukaan, judul bab dan bagian daftar isi. Pada dasarnya Anda dapat memusatkan otak untuk memilih informasi yang paling penting.

 

  1. Perbaiki Kefasihan Anda untuk Meningkatkan Kecepatan Anda Beserta Keadaan Lingkungan

Lingkungan sekitar sangat berpengaruh, seperti contoh, membaca di angkutan umum, di jalan atau di rumah. Pastikan Anda merasa nyaman dan penerangan lampu yang cukup.

 

  1. Tahu Apa yang Anda Inginkan, Sebelum Anda Membaca Dan Gunakan Telunjuk Anda Untuk Mempercepat

Berpikir tentang hal ini sebelum Anda mulai membaca cepat memungkinkan Anda untuk memberi tahu diri Anda sendiri untuk memperhatikan saat Anda melihat kata-kata dan kalimat yang terkait. Bahkan jika Anda membaca dengan kecepatan yang memiliki beberapa keterbatasan pemahaman, Anda akan cenderung melambat pada saat-saat tertentu.

Tanyakan pada diri Anda sebelum membaca cepat. Ini memiliki tujuan yang sama dengan pra-membaca: tujuannya adalah mempersiapkan otak Anda untuk mendapatkan informasi latar belakang dan mengatur pekerjaan dalam konteks. Tanyakan pada diri Anda hal-hal seperti: Apa gagasan utamanya? Apa jenis tulisannya? Apa tujuan sang penulis?

Dengan menggunakan telunjuk Anda sebagai pada garis atau bagian kata-kata pada saat membaca, gerakan mata akan lebih efisien, efektif dan fokus, yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan membaca.

 

  1. Mengingat-Ingat Garis Besar Untuk Informasi Jangka Panjang

Disini ilmu kognitif (yang berubungan dengan pengertian) menawarkan beberapa saran. Prinsip ingatan adalah mengingat apa yang kita pikirkan. Jadi jika Anda ingin mengingat gagasan sebuah buku, menyoroti bagian-bagian yang tebal bukanlah ide terbaik. Menyoroti menyebabkan Anda memikirkan kata-kata tebal, bukan yang mereka maksud.

Beberapa alternatif mengambil data yang di-“parafrasekan” ulang, menulis rangkuman kecil atau atau penulisan ulang informasi faktual yang ingin Anda ingat sebagai pertanyaan-pertanyaan pada diri sendiri nantinya.

Beberapa alternatif mengambil data yang diparafrasekan ulang, catatan jarang atau penulisan ulang informasi faktual yang ingin Anda ingat sebagai pertanyaan untuk kuis diri nanti. Buat catatan, tulis ringkasan, bandingkan materi dengan pandangan Anda saat ini tentang dunia dan gunakan perubahan cara Anda melakukan sesuatu dan membuat keputusan. Semua hal ini akan membantu Anda untuk benar-benar menyandikan informasi itu dengan cara yang berarti.

 

  1. Hubungkan Informasi Yang Penting Untuk Hal Yang Anda Sudah Ketahui

 

Ketika Anda mulai membaca banyak buku, Anda khawatir bahwa Anda tidak dapat menyimpan semua informasi yang Anda temukan. Rasanya aneh karena Anda tidak dapat secara sadar mengingat-ingat semuanya.

Kaitkan dan bangunlah dengan apa saja yang sudah Anda ketahui, sehingga pengetahuan Anda tentang sesuatu tersebut lebih mendalam.

Contoh dan cara mengaitkan informasi:

  • Hubungkan dengan hobi atau minat.
  • Bertalian dengan pengalaman Anda.
  • Berkaitan dengan masalah dan solusi yang pernah Anda dapatkan.

Perhatikanlah bagaimana informasi dan fakta yang disajikan. Berlatih setiap kali Anda membaca: apa yang perlu diingat untuk Anda, keluarga, teman, kolega dan lingkungan. Hal ini untuk memperkaya dan memperdalam nilai-nilai yang Anda miliki.

  1. Perluas Persepsi Dengan Stabilo, Bookmark, Coretan

 

Tapi meski begitu Anda tidak akan bisa mengingat semuanya atau setidaknya Anda dapat mengingat dengan coretan stabilo. Jadi hal ini penting untuk mendapat referensi pengetahuan Anda dan mempermudah untuk mengingat-ingat.
Setidaknya Anda membutuhkan 3 jenis penanda:

  • Marker highlighting / Stabilo kuning.
  • Penanda Highlighting oranye.
  • Pena hitam biasa.

Jangan menggunakan lebih dari 5 warnapenanda, karena akan membuat Anda bingung sendiri dan akan memperlambat proses membaca.

Mengasah ketrampilan Anda dalam mengidentifikasi apa yang penting atau menarik akan meningkatkan produktivitas Anda. Menjadi ahli dengan cepat mengidentifikasi esensi teks akan membantu Anda untuk memahami keseluruhan dari apa yang Anda baca dengan lebih mudah, sekaligus membuatnya lebih mudah diingat.

 

  1. Menentukan Garis Besar (Baseline). Seberapa Cepat Anda Membaca Dan Perbaiki

Penelitian menunjukkan bahwa membaca dari layar komputer atau handphone cerdas (smartphone) sekitar 25% lebih lambat daripada dari kertas/buku. Perbedaan ini umumnya meningkat seiring dengan meningkatnya kecepatan membaca. Dengan demikian Anda mungkin sedikit meningkatkan hasil Anda untuk menemukan kecepatan Anda saat membaca dari kertas.

  1. Fokus Dan Berlatih Sedikit Setiap Hari

Membaca yang efektif membutuhkan kemampuan untuk berfokus. Jika pikiran Anda ada di tempat lain maka Anda susah untuk memproses materi. Seperti yang dijelaskan di atas, menggunakan telunjuk atau bolpen untuk melacak tempat Anda di halaman bisa membantu. Anda juga bisa mencoba meminimalkan gangguan dengan membaca di lingkungan yang tepat.

Banyak keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kecepatan membaca Anda tidak akan datang secara alami bagi Anda, jadi Anda perlu mempraktikkannyasetiap hari sampai menjadi sifat kedua. Bahkan 15 sampai 20 menit latihan per hari dapat membuat perbedaan besar pada keseluruhan kecepatan membaca Anda.

  1.  Jangan Melakukan Hal Lain Atau Multitasking Saat Membaca

Salah satu kebiasaan membaca terburuk adalah membaca sambil menonton TV, mendengarkan radio atau bahkan membiarkan gangguan mental mengalihkan perhatian Anda dari apa yang Anda baca. Jika Anda ingin membaca cepat, Anda HARUS mencoba menghapus semua gangguan dan fokus hanya pada tugasnya, yaitu membaca.

Tandai baris pertama dan baca dengan timer selama satu menit dengan tepat – jangan membaca lebih cepat dari biasanya, dan baca untuk memahami. Setelah tepat satu menit, perbanyak jumlah baris menurut kata rata-rata per baris untuk menentukan tingkat kata per menit (word per minute = wpm) Anda saat ini.

Banyak orang mengatakan bahwa mereka dapat melakukan 2 atau 3 hal secara bersaman atau multitasking, seperti contoh: membuat PR, telpon dengan teman dan makan secara bersamaan. Harus diketahui memang mereka dapat melakukan 3 hal tersebut secara bersamaan, tetapi apakah mereka dapat melakukan 3 hal tersebut dengan baik dan benar?

Contoh lainnya seperti, seorang pegawai bank yang sedang membuat laporan keuangan akhir bulan, sedang berbicara di telpon dengan pelanggan bank dan sedang membuat laporan keuangan harian yang tidak ada kaitannya dengan laporan keuangan bulanan. Dengan jelas pegawai bank tersebut dapat melakukannya secara bersamaan. Yang perlu ditanyakan dan diragukan adalah ketepatan dalam memberi laporan-laporan tersebut dengan benar dan akurat?

  1. Gunakan Strategi Paragraf GIST: Siapa? Apa? Dimana? Kapan? Kenapa?

Paragraf GIST (Generating Interactions between Schemata and Text) yaitu paragraf yang Menghasilkan Interaksi antara Skema dan Teks .

Terkadang para pembaca yang sedang berjuang untuk membaca dan mengerti sekaligus dapat memperlambat pemahaman dengan bertempur  dengan setiap kata. Hal ini bisa mengecilkan hati dan menghentikan momentum sehingga pemahamannya semakin turun. Dengan menggunakan Paragraf GIST, Anda dapat menentukan inti atau gagasan penting dari sebuah bagian bacaan.

Strategi ini mengajarkan Anda untuk menggunakan prediksi sebagai alat bantu pemahaman saat membaca teks. Kemampuan untuk memprediksi apa yang akan tertulis menjadi bagian sering didasarkan pada pengetahuan sebelumnya. Dengan pengetahuan latar belakang ini, secara efektif dapat meningkatkan pemahaman Anda  terhadap teks yang akan dibaca.

Contoh yang dapat Anda lakukan dengan mengidentifikasi:

  • Apakah paragraf terutama tentang seseorang, tempat atau benda?
  • Orang, tempat atau benda apa yang sedang dibahas?
  • Apa yang dikatakan tentang orang, tempat, atau hal yang pada dasarnya adalah ayat (yaitu, mengidentifikasi argumen dasar, sudut pandang, putaran, atau perspektif yang diadopsi oleh bagian ini mengenai topiknya)?
  • Ulangi kembali inti dari paragraf dalam sebuah kalimat yang berisi sepuluh kata atau kurang.

membaca cepat adalah suatu keterampilan yang berguna dan berharga. Namun, mungkin ada saatnya ketika menggunakan teknik ini tidak tepat. Misalnya, sering kali lebih baik membaca dokumen penting atau makalah secara perlahan, sehingga Anda dapat sepenuhnya memahami setiap detailnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *