Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan keterampilan maupun sikap dan nillai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahn yang telah di pelajari. Kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja baik disekolah maupun lingkungan masyarakat.

Belajar juga dapat diartikan sebagai kegiatan berlatih. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku atau tanggapa yang disebabkan oleh pengalaman Perubahan tingkah laku dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu yang disebut belajar.

      Bajar merupakan proses yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama melalui latihan maupun pengalaman yang membawa kepada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap perangsang tertentu.

      Belajar juga sering didefinisikan sebagai suatu proses yang menghasikan suatu aktivitas atau mengubah suatu aktivitas atau mengubah suatu aktivitasdengan latihan-latihan atau pengalaman disekolah, setiap orang belajar untuk mendapatkan hal-hal berguna dari apa yang menjadi pengalaman nya.

Tugas seorang siswa adalah belajar. Oleh karena itu kita harus belajar dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang siswa harus mengetahui prinsip-prinsip belajar, antara lain adalah:

  • Untuk belajar kita membutuhkan dorongan atau motivasi. Dorongan itu ada yang dating dari dalam  atau dari luar diri sendiri
  • Untuk dapat belajar dengan baik kita harus memusatkan perhatian pada hal-hal yang sedang kita pelajari. Hal yang dapat menggangu pusat perhatian adalah pikiran yang tertuju pada hal-hal yang mungkin sedang mempengaruhi perasaan seperti halnya kesedihan, patah hati,kemarahan,iri hati,kebencian dan llain hal
  • Kita harus berusaha untuk mengerti lebih dulu yang kita pelajari sebelum menghapal. Hal yang dimengerti akan lebih mudah untuk dihapal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *