Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya tumor, infeksi, tekanan darah tinggi, penyakit di mata, radang telinga, migrain dan lain-lain. Bahkan, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Makanan-makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala adalah keju yang sudah lama, zat tambahan (seperti MSG, pemanis buatan, pewarna buatan, dan lainnya), coklat, alkohol, dan kafein.

Kekurangan nutrisi juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Maka dari itu untuk mengatasi ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan nutrisi berikut ini sebelum membeli obat sakit kepala. Untuk kali ini Les Privat Sidoarjo akan berbagi tips cara mengatasi sakit kepala secara alami :

1. MINUM AIR PUTIH
Sakit kepala seringkali dipicu karena dehidrasi. Saat Anda kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera konsumsi air putih. Duduklah sebentar, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan lakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang. Air putih memang banyak manfaatnya. Biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari agar badan anda sehat dan tentunya terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

2. MENJAUH DARI KOMPUTER
Radiasi komputer juga bisa menimbulkan rasa sakit di kepala. Hal tersebut biasanya terjadi pada Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Cobalah matikan monitor, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar. Namun jika anda yang mempunyai pekerjaan didepan komputer, hal ini mungkin susah dikerjakan. Usahakan setiap 1 jam sekali melihat pemandangan luar atau melihat sesuatu yang hijau agar mata tidak terlalu terforsir.

3. TARIK NAFAS PERLAHAN
sambil pejamkan mata. Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala.

4. SEDUH SECANGKIR TEH HITAM
Tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum perlahan. Ini berguna untuk meredakan sakit kepala Anda segera.

5. COBA MENGKONSUMSI SUP PANAS
Setelah itu, cobalah tidur dalam suasana tenang atau temaram.

6. BERENDAM DI AIR HANGAT
juga bisa menyembuhkan sakit kepala Anda.

7. GUNAKAN TELUNJUK DAN IBU JARI
Gunakan jari telunjuk dan ibu jariuntuk menekan secara perlahan batang hidung Anda. Dan, lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian. Tapi ingat, jangan tekan terlalu keras.

8. KOMPRES KEPALA
Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.

9. MEDITASI
Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.

Semoga bermanfaat buat Sahabat Les Privat Sidoarjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *