Kali Ini Les Privat Sidoarjo akan membahas tentang Beberapa masalah yang membuat anak malas belajar adalah sebagai berikut:

1.Beban sekolah yang terlalu banyak.

Dalam sehari, anak dicekoki 6-7 pelajaran berbeda yang rata2 diuji secara sangat superfisial: Menghafal kata demi kata. Ini sangat melelahkan.

2. Sistem mengajar yang tidak menarik atau tidak suka pada pelajaran / guru

Coba diperhatikan, siapa tahu anak malas hanya pada pelajaran tertentu. Jika ya, maka ini mungkin berhubungan dengan metode mengajar guru yang buruk, anak tak suka pada pelajaran tersebut atau rasa tak suka pada guru.

3.Anak tersebut bukan anak yang berorientasi akademis.

Tidak semua anak memiliki kemampuan akademis yang tinggi. Yang saya maksud ‘akademis’ di sini adalah pelajaran serius yang mendominasi kurikulum seperti Bahasa Inggris, Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, PPKn,dll. Ada anak yang kelak akan menghabiskan hidup sebagai foto model, pelukis, koreografer, pemain bola,fotografer,dll. Anak-anak model begini sangat mungkin malas menghabiskan waktu dengan tekun untuk capek-capek menghafal untuk ulangan, misalnya.

4.Gangguan fisik.

Mungkin ada gangguan pendengaran atau penglihatan. Tentu saja harus dilakukan observasi dan bahkan pengecekan medis.

5.Masalah keluarga atau problem emosional

Misal, orang tua orang tua hendak bercerai, merasakan bersaing dengan saudara kandung secara akdamis dan terus-menerus kalah, teman terdekatnya baru pindah ke sekolah lain,dll.

6.Tak ada panutan

Anak tak punya contoh tentang apa yang dimaksud dengan ‘rajin’. Anak kecil belum mampu berpikir konkret, mereka butuh contoh nyata untuk hampir semua hal yang harus mereka lakukan.

7.Orang tua salah bicara saat menasehati anak.

Coba diingat-ingat, pernah ngga bicara,”…Papa Mama tuh kerja biar kamu bisa sekolah. Jangan kayak Papa dulu, dulu tukang bolos…Suka dipanggil guru…”. Saat bicara, Bapak/Ibu sudah dalam keadaan punya rumah, mampu berlibur ke Bali, punya mobil 2-3, misalnya???? Secara sadar atau tidak sadar, mereka akan berpikir,”Ohhh….Bokap Nyokap gue dulu bandel, malas, sekarang ternyata sukses tuh…Ya udah. Ga papa dong sekarang gue malas, nanti gue juga berhasil…”. Berhati-hatilah saat bicara

8.Fasilitas berlebih.

Anak diberi beberapa gadget (HP,IPod,PS,dll) / mainan canggih.

9.Anak tak cocok dengan sekolahnya

Anak pindah ke sekolah baru yang sistem pendidikannya beda padahal dia sudah betah dengan sistem sebelumnya, misal:Dari sekolah nasional pindah ke sekolah internasional dan sebaliknya. Hal lain: Apakah dia mengalami bullying ? Bullying, atau olok-olok baik secara fisik ataupun psikologis, berpotensi bukan hanya menghancurkan area akademis si anak tapi juga merusak dia secara mental/kejiwaan.

10.Belum tahu cara belajar yang cocok, strategi belajar yang tepat atau lingkungan khas yang bisa memacu semangat belajarnya

Tipe anak belajar bermacam-macam. Ada anak yang mudah paham jika dia mendengarkan (audio learner) , ada yang lebih mudah ngerti kalo dikasih lihat gambar (visual learner),dll. Kemalasan belajar bisa jadi muncul karena anak belajar hanya dengan cara yang ternyata bukan metode yang cocok dengannya. Ada juga anak yang baru bisa belajar jika belajar sambil mendengarkan musik atau susah belajar jika ada orang ngobrol, dll.

11.Lingkungan rumah yang tidak kondusif

Coba dilihat, di mana Bapak/Ibu tinggal? Di perkampungan padat yang berisik padahal si anak sudah 6 tahun tinggal di perumahan yang tenang sebelumnya sehingga ia biasa belajar di tempat yang sepi ? Atau pas di sebelah rumah ada warnet ?Atau rumah teman ngobrolnya hanya berjarak 50 meter dari tempat Bapak/Ibu tinggal dan mereka berdua tak dibatasi jam bertemunya oleh orang tua sehingga sampai rumah sudah capek? Satu-satunya cara mengatasi penyebab macam ini adalah mendisiplinkan anak untuk bisa mengatasi hambatan atau godaan.

12.Terlalu capek

Mis:Jam main terlalu panjang atau terlalu banyak ikut kursus.

13.Kemiskinan

Kemiskinan menyebabkan mereka tak bisa tinggal di rumah yang nyaman. Kemiskinan mungkin memaksa mereka untuk cari nafkah sepulang sekolah, membuat mereka minder karena uang sekolah terus ditagih guru di depan kelas atau membuat mereka tak bisa membeli buku teks (banyak sekolah yang tidak menggunakan buku tulis. Ada banyak sekali anak yang mampu menerabas keterbatasan ini, dalam arti mereka tetap bisa rajin kendati situasi amat terbatas, namun harus diakui bahwa keterbatasan ini bagi banyak anak lainnya sangat mungkin menjadi penyebab mengapa mereka malas belajar.

Cara Membuat Anak Semangat Belajar dengan Hal-Hal Sebagai Berikut:
1. Reward
Bagi orang tua yang bingung tentang cara membujuk buah hatinya agar mau belajar, reward adalah cara yang cukup ampuh. Anda dapat menawarkan hadiah jika sang anak berhasil meraih nilai yang baik dikelas. Dengan begitu anak akan menjadi lebih bersemangat dan tidak malas belajar lagi.
2. Dampingi anak belajar
Dengan selalu mendampingi anak ketika belajar, anak akan menjadi merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya. Hal ini akan mempengaruhi psikologi anak dan mendorong dirinya untuk semangat belajar. Biasakan untuk mengajari anak dengan penuh kesabaran dan ciptakan suasana menyenangkan agar tidak membosankan.
3. Jadilah orang tua yang sabar dan tidak emosional
Ketika mengajarkan seorang anak untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, jangan memarahinya. Memarahinya hanya akan membuat anak menjadi merasa kapok dan enggan untuk belajar lagi.
4. Beli buku dengan hiasan yang menarik
Belilah buku-buku yang dapat menggugah selera belajar anak. Misalnya, jika buah hati anda menyukai tokoh kartun spiderman, maka yang perlu anda lakukan adalah membeli perlengkapan sekolah dengan motif tokoh kartun tersebut. dengan begitu anak akan mudah tergugah untuk selalu belajar.
5. Ciptakan suasana belajar sambil bermain
Untuk mencegah kebosanan dan mencuri waktu bermain buah hati untuk belajar. Sebagai contoh, belilah mainan yang memiliki nilai edukasi seperti balok susun yang diurutkan huruf alfabet dan jenis mainan ini. hal ini cukup ampuh untuk melatih daya ingat anak dalam menghafal huruf alfabet.
6. Game edukasi
Bagi anak yang fanatik dengan game, anda dapat mengunduh berbagai jenis game edukasi yang saat ini banyak tersedia di google playstore. Dengan memanipulasi belajar dalam versi game seperti ini, anak akan merasa bermain padahal dirinya juga belajar. Trik ini sudah banyak digunakan dan banyak orang tua yang mengakui trik ini sebagai salah satu trik ampuh untuk membuat anak menjadi semangat belajar.
Ini ulasan tentang solusi jitu mengatasi anak malas belajar yang dapat anda terapkan dirumah. Jika anak sudah meyukai belajar di rumah, tidak menutup kemungkinan ia juga senang untuk belajar di sekolah. selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *