261387_Salak-salacca-Zalacca_400Salacca Edulis adalah nama latin dari buah salak. Salak merupakan salah satu jenis buah yang hidup di negara beriklim tropis. Selain dimakan langsung, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, atau diolah menjadi keripik salak. Buah salak muda digunakan untuk bahan rujak. Buah salak tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan manfaat.

Jenis varietas salak yang umum ditemui adalah salak pondoh, salak bali, salak suwaru dan salk condet.Buah ini selain rasanya yang bervariasi,seperti manis,asam,sepat,atau kombinasinya,ternyata kandungan gizi pada salak cukup banyak sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kandungan Buah Salak

Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Kandungan Gizi Buah Salak Dalam 100 Gram :

  • Kalor : 77,0 kal
  • Protein : 0,40 g
  • Karbohidrat : 20,90 g
  • Kalsium : 28,00 mg
  • Fosfor : 18,00 mg
  • Zat Besi : 4, 20 mg
  • 7Vitamin B : 0,04 mg
  • Vitamin C : 2,00 mg
  • Air : 78,00 mg

Salak-salak-yang-siap-dipanen

Khasiat dan Manfaat Buah Salak

1. Manfaat Buah Salak Dapat Sebagai Cemilan Sehat

Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Manfaat Buah Salak Sebagai Obat Diare/Mencret

Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak kurang lebih 20 gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga mudah kita jumpai,misalnya di toko buah,pasar buah,atau langsung pada kebunnya.

3. Manfaat Buah Salak Untuk Membantu Program Diet

Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet.  Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

4. Manfaat Buah Salak Sebagai Obat Mata

Buah salak ternyata mengandung betakaroten,yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah

Efek Negatif
Yang harus diwaspadai dari buah Salak, yang mempunyai rasa sepat ternyata tidak dianjurkan bagi penderita maag dan radang usus karena tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna. Buah itu juga tak disarankan bagi penderita tifus dan penyakit lain yang membutuhkan diet rendah serat.
Kandungan serat yang tinggi justru membahayakan kesehatan penderita tifus. Penderita talasemia (salah satu jenis penyakit darah), juga diminta mengurangi konsumsi salak. Sebab, kadar zat besi salak cukup tinggi. Pada penderita talasemia, penumpukan Fe bisa membahayakan organ tubuh lain, misalnya limpa.
es cincau
Resep makanan berbahan dasar salak
ini salah satu cara untuk menyajikan buah salak. mungkin bagi teman-teman, ibu-ibu yang bosen dengan buah salak, cara ini bisa di coba. disamping penampilannya yang menggoda selera, sehingga membuat siapa saja ingin mencoba es cincau salak.
Bahan :
– 4 sdm manisan salak siap beli –
– 3 sdm cincau hitam, potong dadu –
– 3 sdm kelapa muda kerok –
– 2 sdm sirup cocopandan –
– Es batu, air secukupnya -Cara membuat :
1. Semua bahan disusun dalam gelas.
2. Sipa disajikan.

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *