hallo sahabat Les Privat Surabaya Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya sangat mudah sekali tumbuh. Kita hanya butuh ‘daun’nya saja untuk menumbuhkan tanaman ini di pekarangan rumah kita. Tanaman ini akan tumbuh subur di lingkungan yang agak basah. Kita juga bisa menanamnya di pot atau di tanah secara langsung. Tanaman ini sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kesehatan dan kecantikan.

Lidah buaya atau Aloe vera sudah banyak digunakan untuk dijadikan masker wajah maupun  untuk masker rambut. Ada banyak sekali manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Ada banyak sekali nutrisi pada lidah buaya, seperti A, B1, B2, B6, B12, C, E, asam folat, dan Niacin.

Hasil gambar untuk lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pertama akan kita bahas apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan, berikut ini diantaranya:

1. Meningkatkan sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan ini sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas. Sehingga konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda. Anda dapat mengolahnya sebagai jus atau makanan dan minuman lainnya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya secara teratur agar daya tahan tubuh kita lebih kuat dapat menghadapi gangguan dari luar dan dalam. Sehingga tubuh kita tidak mudah sakit.

2. Alkalisasi Tubuh

Manfaat lidah buaya yang selanjutnya adalah untuk menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk  makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.
Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

3. Melakukan Detoksifikasi / Pengeluaran Racun dalam Tubuh

Manfaat dari protein yang ada di dalam lidah buaya adalah untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun. Konsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya merupakan buah yang tinggi akan protein. Sehingga kandungan protein dalam lidah buaya membuat lidah buaya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada lidah buaya pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya sebagai bagian dari program diet anda. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya.

5. Melawan Peradangan

Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Misalnya pada sel ataupun tulang. Kandungan vitamin, serat, mineral, dna 12 zat lainnya pada lidah buaya dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Lidah buaya bahkan dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi.Sehingga konsumsilah lidah buaya untuk menghadapi peradangan yang terjadi dalam tubuh

6. Sumber Asam Amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.

7. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.Selain itu, ekstrak dari lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk terdifusi dan mentransportasi oksigen. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi lidah buaya sangatlah kecil. Dan kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga.

8. Mengatur Gula Darah Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, lidah buaya dapat memembantu mengatur kadar gula darah akibat kandungan 3 senyawa penting didalamnya. Tiga senyawa dalam lidah buaya yang mampu membantu penyakit diabetes adalah lektin, mannans, dan anthraquinones. Oleh karena itu, lidah buaya sangatlah dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk jus oleh penderita diabetes.

9. Menyembuhkan Luka

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka. Anda cukup mengeluarkan gel lidah buaya dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka.  Luka-luka yang dapat anda obati dengan lidah buaya antara lain adalah luka bakar, luka gigitan serangga, dan luka terpotong.

10. Melebatkan Rambut

Lidah buaya sudah diketahui oleh umum sebagai salah satu bahan dasar dalam berbagai jenis shampo. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal, sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.

11. Menghilangkan Gatal Kulit Kepala

Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala. Ini adalah salah satu cara ampun menghilangkan gatal pada kulit kepala yang bisa anda lakukan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.

12. Mencegah Peradangan Kulit Kepala

Peradangan pada kulit kepala sering terjadi pada anda yang memiliki kulit kepala sensitive. Lidah buaya mampu mencegahnya dengan kandungannya berupa bradykinase dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat. Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan kulit kepala tidak mudah terjadi gatal dan iritasi lagi. Oleskan lidah buaya secara teratur pada kulit kepala anda untuk penggunaan.

13. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan protein pada gel lidah buaya sangatlah baik untuk rambut. Salah satunya adalah manfaatnya untuk mencegah rambut rontok. Gel lidah buaya dapat menguatkan rambut hingga ke akarnya dan mencegah rambut mudah patah dan menjadi rontok.

14. Menjaga Kelembaban Rambut

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada rambut secara rutin dapat menjaga rambut tidak kering. Kondisi rambut yang lembab dan sehat tentu lebih diidamkan daripada rambut kering yang rusak. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban rambut.

15. Mencegah Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang mulai khawatir tentang penampilan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit. Lidah buaya mengandung antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

16. Melebatkan Alis Mata

Gunakan gel lidah buaya pada alis mata anda sebelum anda tidur. Gunakan secara rutin dan bersihkan ketika anda bangun di pagi hari. Penggunaan yang rutin akan mempercepat alis mata anda tumbuh lebih tebal dan lebat.

17. Menghilangkan Jerawat

Dalam hal kecantikan, manfaat lidah buaya salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan lidah buaya yang kaya akan vitamin membuatnya mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah gel lidah buaya dan oleskan pada jerawat ataupun bekas jerawat. Maka anda akan mendapati kulit anda cantik tanpa gangguan jerawat lagi.

18. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan. Gunakan gel lidah buaya tersebut pada wajah secara rutin untuk mendapatkan wajah anda kembali putih bersih tanpa bekas-bekas hitam.

19. Menjaga Kelembaban Wajah

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit wajah seperti masker akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan masker lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit wajah tetap lembab dan kencang. Kondisi kulit wajah yang lembab akan mampu menjaga wajah semakin bersinar. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban kulit wajah.

20. Mencegah Tumor dan Kanker

Lidah buaya juga dapat mencegah kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan kandungan polisakarida pada tanaman ini bersifat anti-tumor dan anti-kanker, jika rutin mengkonsumsi olah an lidah buaya, perkembangan tumor dan sel kanker akan terhambat dan pada akhirnya bisa teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *