Selain digunakan sebagai bumbu masak daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat mengagumkan dari daun kemangi :

1.Kaya akan antioksidan. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diketahui sebagai salah satu antioksidan yang berfungsi  melawan lipid oksidasi dalam hati.

Manfaat daun kemangi yang mengagumkan
Gambar: Manfaat daun kemangi yang mengagumkan

2.Membantu mengatasi stres dan mempertajam Pikiran. Menggunakan 12  daun kemangi sebagai lalapan dipercaya mampu membantu anda mencegah stres sekaligus mempertajam pikiran anda, hal tersebut dikarenakan Daun kemangi dianggap sebagai ‘adaptoge ‘ atau agen anti – stres.

3.Sebagai Anti septik Alami. Daun kemangi memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik terhadap luka dan infeksi, daun kemangi bermanfaat untuk memperkuat lambung dan memperlancar keringat berlebihan. Daun kemangi juga efektif dalam menghilangkan dahak dari tabung bronkial. Karena kandungan antiseptiknya tersebut daun kemangi memiliki manfaat untuk pengobatan bisul, luka, campak, dan cacar air.

4.Sumber mineral. Daun kemangi  mengandung berbagai macam mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium dalam daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah sedangkan  Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan, superoksida dismutase. Sealin itu Daun kemangi juga merupakan sumber zat besi, dalam 100 g menyediakan sekitar 3,17 mg jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 26 persen kebutuhan zat besi harian anda.

5.Menjaga kesehatan pencernaan. Daun kemangi diyakini memiliki efek menenangkan pada perut, mengkonsumsi 1/2 sendok teh kering atau daun kemangi segar dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Jadi anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai salah satu ramuan sehat yang bisa anda dapatkan dengan mudah seklaigus mendapatkan manfaat yang luarbiasa darinya.

6.Sengatan atau gigitan serangga. Daun kemangi bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati gigitan atau sengatan serangga dengan cara melumatkannya dengan mengunyah kemudian menempelkan ke bagian yang terkena gigitan atau sengatan serangga tersebut, cara tersebut  dapat menarik keluar racun.

7.Membantu mengobati sakit kepala. Cara penggunaannya: Siapkan satu sendok makan daun kemangi kering, 2 cangkir air mendidih dalam panci besar. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap selama 5-10 menit sampai sakit kepala mulai mereda.

8.Menstabilkan Gula darah. manfaat daun kemangi memang sangat banyak sekali untukkesehatan selain dapat mengobati sakit kepala daun kemangi juga telah terbukti dapat membantu kestabilan gula darah jika dikonsumsi secara teratur sebagai teh ataupun lalapan.

9.Sumber vitamin K. Dengan anda Mengkonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan asupan vitamin K. Vitamin K diperlukan dalam tubuh untuk mengaktifkan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan sehat – termasuk tulang rawan perut dan jaringan paru-paru. Satu porsi daun kemangi segar mengandung 44 mikrogram vitamin K  kira-kira sepertiga kebutuhan Vitamin K harian anda (pria dan satu-setengah dari asupan harian bagi perempuan).

10.Menjaga kesehatan gigi dan mulut. Keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari kemudian lembutkan hingga menjadi bubuk kemudian gunakan sebagai pasta gigi. Ramuan dari daun kemangi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, menangkal bau mulut dan memberikan rileksasi kepada gusi.

11.Gangguan mata. Jus daun kemangi merupakan obat yang efektif untuk sakit mata dan gangguan penglihatan pada malam hari, yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin A.  Cara penggunaannya adalah Teteskan jus daun kemangi hitam ke dalam mata setiap hari pada waktu tidur dan insya Allah anda akan mendapatkan mata yang sehat.

12.Sakit Tenggorokan. Gunakan daun kemangi sebagai teh untuk diminum atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk membantu mengobati sakit tenggorokan.

13.Infeksi Mulut. Untuk mengobati infeksi pada mulut anda cukup dengan cara mengunyah daun kemangi segar selama beberapa menit.

14.Membantu merawat rambut anda. Gunakan Daun kemangi sebagai kondisioner alami yang dapat membantu dalam meremajakan rambut dengan merangsang folikel rambut .

15.Mencegah penyakit jantung. Ramuan dari Daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

16.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Mengkonsumsi daun kemangi segar secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam daun kemangi dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi hingga 20 persen.

17.Mencegah timbulnya jerawat. Ternyata tidak berhenti sampai di situ saja manfaat daun kemangi, daun kemangi diketahui dapat mengatasi jerawat juga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Minyak daun kemangi segar juga dapat membantu penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab utama jerawat.

Demikian beberapa manfaat daun kemangi  semoga bermanfaat untuk para sahabat les privat Sidoarjo.

1 thought on “Manfaat Mengagumkan Daun Kemangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *