Sahabat Les Privat Sidoarjo, Sehat selalu dan panjang umur agar bisa lebih lama menghabiskan waktu dengan keluarga adalah keinginan banyak orang. Seringkali mengidap penyakit atau keterbatasan biaya untuk membeli suplemen kesehatan sehingga kondisi tubuh di usia tua cepat menurun dan mengakibatkan orang berusia di atas 60 tahun biasanya sudah banyak yang berpulang ke pangkuan Tuhan. Tapi hal ini tidak berlaku bagi penduduk China. Di China, banyak lansia yang panjang umur dan sehat selalu. Apa ya rahasia nya?

Ada sebuah desa bernama Chengmai yang berada di provinsi Pulau Hainan, China memiliki penduduk lansia berusia di atas 100 tahun dan lebih dari 200 orang. Wah hal ini tentu unik karena biasanya jarang ada manusia yang bisa bertahan hidup sampai usia 100 tahun dan sehat tanpa penyakit apapun. Faktanya, Provinsi Pulau Hainan adalah salah satu provinsi termiskin di China. Tapi warganya sehat dan berumur panjang.

Para lansia ini termasuk dalam golongan orang yang tangguh karena mereka bisa bertahan hidup sejak perang saudara dan bencana kelaparan.Banyak warga tinggal di gubuk-gubuk tanpa pemanas. Meski begitu rupanya antara orang terpanjang-hidup di bumi. Rahasianya adalah mereka terbiasa hidup sederhana, dan tidak pernah mengonsumsi makanan macam-macam. Li Aizhu adalah salah satu contoh lansia yang berusia hingga 113 tahun dan sehat hingga hari ini. Aizhu hidup dengan sangat sederhana, tanpa tekanan dan menjadi vegetarian.

Kunci bugar dari penduduk Chengmai ini juga karena mereka tinggal di pedesaan yang jauh dari polusi udara. Jennifer Holdaway dari Institut Kesehatan dan Lingkungan China, sebuah organisasi kesehatan sosial dari AS mengatakan bahwa perekonomian tumbuh dari sektor pertanian. “Tidak ada banyak industri, iklimnya juga baik, mereka dengan mudah dapat melatih tubuh, dan menerapkan diet yang sehat. Mereka banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar. Tanahnya juga kaya selenium yang sangat bernutrisi,” ujar Jennifer dikutip dari merdeka.com.

Tinggal di daerah yang jauh dari hiruk pikuk polusi serta memakan makanan alami ternyata membantu tubuh untuk tetap bugar. Disamping itu, kegiatan mereka sehari-hari seperti bertani membuat tubuh mereka terus bergerak dan setara dengan berolahraga setiap harinya. Para lansia ini juga tidak pernah mengonsumsi bumbu makanan dari pabrik seperi vetsin dan MSG. Mereka lebih menyukai aneka bumbu alami seperti bawang dan jahe untuk memasak.

Selain itu, penduduk Chengmai juga rajin, berpikiran sederhana dan murah hati, diet vegetarian, makan makanan yang sehat, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Mereka tidak menonton televisi, tidak terpengaruh kondisi ekonomi, tidak mau membelit pikiran dengan hal-hal yang di luar kemampuan mereka. Selain itu para lansia ini juga mengisi waktunya dengan kegiatan positif seperti mengobrol, bermain kartu atau menghabiskan sore dengan memetik sayur bersama.

Kebiasaan yang baik dan pola makan yang bagus membuat para lansia ini panjang umur tanpa penyakit. Ternyata kuncinya adalah hidup sederhana dan positive thinking setiap harinya. Anda ingin mencoba kiat hidup panjang umur ala penduduk Chengmai ini ?

Sumber : Vemale.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *