Kelihatannya tidak ada yang bisa anda lakukan terhadap stress.  Tetapi anda harus bisa kontrol pikiran anda. Jika kontrol ada dalam pikiran anda maka anda akan dapat mengatasi dan menghilangkan stress. Hal ini tentu saja tak terlepas dari berbagai kegiatan diluar aktifitas yang tidak bisa diabaikan. Selain itu kita juga butuh refresing agar kembali fresh dan terhindar dari yang namanya stres. Nah yang terakhir ini benar-benar harus di waspadai, karena ketika seseorang didera stres maka sangat mungkin akan mengalami yang namanya depresi, emosi, hilang aktualisasi, dan juga bisa menurunkan produktifitas kita.

Maka dari itu Sahabat Les Privat Sidoarjo, mari  kita bahas beberapa tips cara menghilangkan stres sederhana ampuh.

1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.

3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.

6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.

8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.

9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan stres. semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *