Pola makan sangat erat hubungannya dengan nafsu makan. Nafsu makan biasanya diawali oleh rasa lapar. Namun tidak semua rasa lapar berbuntut pada nafsu makan yang tinggi. Banyak orang mengartikan lapar merupakan keinginan untuk makan. Lapar merupakan rangsangan biologis yang berasal dari perut. Beberapa peneliti mengatakan bahwa nafsu makan lebih ke arah pilihan yang kita buat berdasarkan keinginan. Pada pengertiannya, nafsu makan adalah suatu kumpulan yang kompleks dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial, dan kondisi psikis yang susah dikendalikan. Nah, seseorang yang memiliki nafsu makan akan mengalami kesulitan untuk mengendalikannya apabila orang tersebut menyukai makanan yang ada di hadapannya.

Bukan berarti tidak ada jalan keluar bagi penyuka makanan. Untuk yang ingin diet atau hanya mengurangi aktivitas makan, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Menghilangkan nafsu makan sangat tidak mungkin. Jalan yang paling logis adalah mengurangi nafsu makan. Berikut Les Privat Sidoarjo memberikan beberapa tips mengurangi nafsu makan.

1.Minum air putih secara teratur
Terkadang jika perut kosong, seseorang menganggap hal tersebut berarti lapar. Padahal rasa lapar berbeda dengan dehidrasi, banyak orang yang tidak mengetahuinya. Kemudian spontan ada mengisi perut dengan makanan yang sebenarnya tidak sedang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, anda perlu mencermati konsumsi air putih anda setiap hari, sudah cukupkah?
2.Olahraga
Sebagian orang menganggap bahwa dengan olahraga akan membuat kita semakin lapar. Hal itu tidak benar. Olahraga mampu mengurangi nafsu makan anda!
3.Sarapan
Jangan pernah melewatkan makan pagi. Sarapan merupakan kunci sukses dalam menjalani aktivitas anda seharian.  Nafsu makan anda akan semakin membesar pada jam siang hari apabila anda melewatkan hal ini. Dan ini tidaklah baik bagi tubuh karena dapat memicu obesitas.
4.Perbanyak konsumsi protein
Dengan makanan yang rendah kalori dan tinggi akan kandungan protein, maka tubuh akan terbantu dalam mempertahankan energinya. Anda akan mendapatkan tenanga untuk beraktivitas sepanjang hari.
5.Hindari ngemil berlebihan
Salah satu cara mengurangi nafsu makan ialah dengan menghindari ngemil. Makanan ringan seperti keripik dan coklat apakah termasuk cemilan anda setiap hari? Mulai dari sekarang kurangilah porsi anda memakan cemilan karena dapat mendorong nafsu makan anda.
6.Makan dengan teratur dan konsumsi teh
Porsi banyak dalam sekali makan sangat tidak dianjurkan, begitu juga dengan makan hanya dua kali sehari. Lebih baik makanlah dengan teratur tiga atau empat kali sehari agar tidak sering merasakan lapar. Konsumsi teh dianggap baik untuk mengganti kebiasaan ngemil anda. Dengan menyeduh teh hangat dua kali sehari dapat membantu anda mengatasi rasa lapar berlebihan. Selain keenam hal di atas, kami juga mengutip informasi dari vemale.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *