Tulisan hari ini dari Les Privat Sidoarjo adalah tips menyelesaikan tugas kuliah. Kebanyakan dari mahasiswa mengerjakan tugas dengan model wayangan atau kebut semalam. Tapi bagaimana menyiasati agar tugas dari dosen A, dosen B dan dosen C tidak menumpuk. Atau setidaknya bagaimana menyelesaikan tugas yang menumpuk agar pikiran tak stress yang berakibat malas untuk menyelesaikannya.

Jadi apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi setumpuk tugas dari dosen? Ini dia Tips menyelesaikan tugas kuliah:

Tenangkan Hati

Ketika kamu lihat buku cacatan tugas, ternyata banyak tugas yang menumpuk dan belum kamu kerjakan tips menyelesaikan tugas kuliah yang  menumpuk pertama yang harus kamu lakukan adalah tenangkan hati. Menenangkan hati biasa membantu kamu untuk berfikir cara menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.

Buat daftar deadline tugasnya

Kalo udah tenang, cara menyelesaikan tugas kuliah berikutnya adalah membuat daftar tugas yang kamu punya dan tulis tanggal kapan akan dikumpulkan. Jadi kamu bisa lihat mana tugas yang harus segera diselesaikan dan dikumpulkan, dan mana tugas yang masih lama untuk dikumpulkan.

Buat Prioritas

Dari daftar yang telah kamu buat, akan memudahkan kamu untuk memilih mana yang perlu kamu prioritaskan untuk segera di kerjakan. Ada tugas yang dikumpulkan besok da ada tugas yang dikumpulkan lusa atau satu bulan lagi. Tapi jangan lupa, pertimbangkan tugas dengan bahan yang sulit dicari atau membutuhkan waktu untuk dikumpulkan.

Contohnya jika kamu jurusan dari Ilmu alam, ada tugas memperhatikan siklus pertumbuhan pohon cabe. Nggak mungkin kan kamu ngerjain tugas ini dadakan. So, kamu juga harus mempertimbangkan materinya.

Fokus

Setelah kamu sudah memilih untuk mengerjakan salah satu tugas, tips menyelesaikan tugas kuliah selanjutnya adalah fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Kerjakanlah hingga selesai, jangan memikirkan tugas yang lain. buat batas waktu sendiri dan komitmen “gue mau ngerjain tugas dosen A yang dikumpulin besok!” dengan begitu kamu bakalan semangat dalam mengerjakan tugas itu.

Kerjakan secara rutin

Sudah tahu tugas lagi banyak dan menumpuk. Jangan sampai kepikiran seneng-seneng atau jalan-jalan dulu. Kapang kepanikan kamu akan tugas menumpuk karena menyepelekan tugas dari dosen, dan menunda-nunda pekerjaan, hingga tugas menumpuk bak gunung hendak meletus.

Menunda-nunda pekerjaan selain membuat pekerjaan menjadi menumpuk juga bisa membuat hasil kerjaan kurang maksimal karena fokusnya pada menyelesaikan tugas bukan isi dan kualitas tugas.

Ngerjain bareng temen

Kalo kamu tipe orang yang harus di suruh lalu bergerak,  tips mengatasi tugas kuliah kamu adalah dengan mengerjakan bareng temen. Karena bisa jadi selama ini kamu ogah-ogahan ngerjain tugas karena sendirian dan ngerasa berat banget tuh tugas.

Jadi nggak ada salahnya mengajak teman satu kelas atau satu angkatan buat mengerjakan tugas bersama-sama. Ajaklah teman yang fokus, biar kamu jadi fokus. Kalo kamu salah memilih teman bukannya fokus malah buyar dan tugasmu nggak  terselesaikan dengan benar. Karena kamu diajak maen PS atau diajak nonton film.

So good bye panic! Sudah nggak perlu takut lagi yang namanya diomelin dosen karena alasan “lupa” dengan tugas yang dikasih. Sudah nggak perlu takut lagi dengan tugas yang menumpuk asal kita tahu cara mengatur waktunya buat ngerjain tugas itu. Selamat mencoba tips menyelesaikan tugas kuliah di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *